Selasa, 26 Maret 2013

Puncak Everest Ditemukan



Tanggal 17 Januari 1841,  puncak tertinggi di dunia ditemukan oleh Sir George Everest, seorang pendaki asal Inggris. Puncak tertinggi yang  kemudian diberi nama sesuai dengan nama penemunya, yaitu puncak Everest itu, memiliki ketinggian 8800 meter. Namun, George Everest sendiri tidak berhasil mencapai puncak tertinggi di dunia itu.

Pada tanggal 29 Mei 1953, Sir Edmund Hillary dari Selandia Baru dan Tenzing Norgay seorang penduduk asli Nepal, menjadi orang pertama yang berhasil mencapai puncak Everest. Mereka anggota ekspedisi Inggris yang dipimpin oleh Sir John Hunt. Tim ini berangkat dari Kathmandu, Nepal pada tanggal 10 maret 1953, dan melakukan pendakian dari sisi selatan yang dikenal sebagai lereng yang tidak mungkin dapat didaki.

Pada setiap pendakian yang berhasil mencapai lereng yang landai mereka membuat beberapa buah pos-pos perkemahan, masing-masing pos dijaga oleh beberapa orang anggota, sehingga makin mendekati puncak anggotanya semakin berkurang. Pos perkemahan terakhir hanya berupa sebuah tenda kecil yang berada pada ketinggian 8.504 meter, didirikan oleh Hillary dan Tenzing Norgay, yang berhasil mencapai puncak.

Sumber : 
http://indonesian.irib.ir/dunia/-/asset_publisher/d8fG/content/17-januari-puncak-everest-ditemukan-1

Baca Juga:
Artikel Tentang Alam Lainnya DiSini

0 komentar:

Posting Komentar

 
;